Laboratorium Microteaching STKIP Hamzanwadi Selong

Laboratorium Microteaching

Laboratorium (disingkat lab) adalah tempat riset ilmiah, eksperimen, pengukuran ataupun pelatihan ilmiah dilakukan. Laboratorium biasanya dibuat untuk memungkinkan dilakukannya kegiatan-kegiatan tersebut secara terkendali. Laboratorium ilmiah biasanya dibedakan menurut disiplin ilmunya, misalnya laboratorium fisika, laboratorium kimia, laboratorium biokimia, laboratorium komputer, dan laboratorium bahasa.

Micro berarti kecil, terbatas, sempit. Teaching berarti mendidik atau mengajar. Micro Teaching berarti suatu kegiatan mengajar dimana segalanya diperkecil atau disederhanakan. Apa yang dikecilkan atau disederhanakan, yaitu :

  1. Jumlah siswa 5-6 orang
  2. Waktu mengajar 5 – 10 menit
  3. Bahan pelajaran hanya mencakup satu atau dua hal yang sederhana
  4. Ketrampilan mengajar difokuskan beberapa ketrampilan khusus saja.

Unsur micro merupakan ciri utamanya dan berusaha untuk meyederhanakan secara sistimatis keseluruhan proses mengajar yang ada. Usaha simplikasi ini didasari oleh asumsi bahwa : “sebelum kita dapat mengerti, dapat belajar dan dapat melaksanakan kegiatan mengajar yang komplek, kita harus menguasai dulu komponen-komponen dari keseluruhan kegiatan yang ada.” Maka dengan memperkecil murid, menyingkat waktu, mempersempit saran-saran serta membatasi ketrampilan, perhataian dapat sepenuhnya diarahkan pada pembinaan penyempurnaan ketrampilan khusus yang sedang dipelajari.

* Laboratorium STKIP Hamzanwadi Selong

* Standar Operational Procedure Laboratorium Microteaching STKIP Hamzanwadi Selong

Tentang islahun naili

Smile, peace n love
Pos ini dipublikasikan di Artikel, Education. Tandai permalink.